Home / Kabar Desa / Petani Desa Kaligondang Rutin Laksanakan Kerja Bakti Bersih Saluran Irigasi

Petani Desa Kaligondang Rutin Laksanakan Kerja Bakti Bersih Saluran Irigasi

Seluruh petani di wilayah Desa Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa tengah, secara rutin melaksanakan kegiatan bersih-bersih  saluran irigasi,

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi ini, dilakukan saat menjelang persemaian serempak.

Disampaikan oleh staf pelayanan Desa Kaligondang yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Teknis Pengairan, Rismanto Ngusma “sebelum sawah dibajak, diadakan kegiatan bersih-bersih saluran irigasi sekunder maupun tersier, dengan tujuan agar saat musim tanam tiba, air mengalir dengan lancar”, kata Rismanto.

Kegiatan bersih saluran irigasi yang digunakan untuk mengairi sawah seluas 111 Hektar ini, seluruhnya dilaksanakan secara swadaya, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 162 orang selama empat hari.

Selain bersih saluran irigasi juga dilakukan perbaikan saluran irigasi yang rusak dengan anggaran dari iuran perkumpulan Dharma Tirta yang beranggotakan seluruh petani penggarap di wilayah Desa Kaligondang.  (*admin)

 

About admindesa

Check Also

Kaligondang Laksanakan Uji Kelayakan Pamsimas

Pemerintah Desa Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, melalui  Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *